LAPTOP LELET ??


Laptop yang sudah lama dan  banyak yang di operasikan pasti akan terasa lelet . 
di TechIT kita akan membahas tuntas cara mengatasi laptop yang lelet 
cekidot...

Penyebab dan cara mengatasi laptop lelet

Untuk mengatasi laptop lemot tersebut, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, setelah itu baru mencari solusi untuk mengatasinya.

Tapi tenang saja, dalam artikel yang lumayan panjang ini akan dibahas tuntas mengenai kedua hal tersebut.  Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya :

1. Kapasitas RAM anda kecil

Random Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program.

Cara mengatasinya

Jadi jika laptop anda lemot atau crash ketika menjalankan beberapa program secara bersamaan, anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda

2. Banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking)

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.

Cara mengatasinya :

Cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang atau not responding

3.Banyaknya program yang berjalan di startup

Program-program pada startup akan otomatis berjalan saat laptop pertama kali dihidupkan (masuk pada dekstop windows). Semakin banyaknya program yang berjalan pada startup.

Cara mengatasinya

1. Tekan tombol windows+R, kemudian ketik msconfig


2. Pada jendela System Configuration, pilih menu Startup
 

3. Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke Task Manager atau dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan, kemudian pilihtab Startup.
 

4.Klik kanan program yang anda inginkan agar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilih Disable.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "LAPTOP LELET ??"